Topan, Sekitar info tentangnya

Posted on 12.1.12 By : Unknown
Tulisan ini mengenai angin topan yang sering melanda negara-negara dunia . . . dan merupakan ancaman bagi sebagian orang . . . gak usah basa-basi lagi langsung aja cekidot

Mengenal Tornado/Putting Beliung

Apakah Tornado sama dengan Putting beliung, jawabnya ya, perbedaannya hanya pada penyebutan dan skala intensitas Tornado, di Indonesia Tornado dikenal dengan sebutan angina putting beliung atau angina leysus, yang berbeda adalah dalam skala intensitasnya saja, di Indonesia tornado haya sedikit

Mengenal Tornado/Putting Beliung

Tornado

Menurut Kamus Meteorologi (AMS 2000), tornado adalah " suatu kolom udara yang berputar dengan kencang, timbul dari awan cumuliform atau dari bagian bawah awan cumuliform, dan sering ( tidak selalu ) tampak seperti funnel cloud." Dengan kata lain, sebuah vorteks yang diklasifikasikan sebagai tornado, harus terhubung dengan permukaan tanah dan dasar awan. Ahli meteorology belum menemukan cara yang mudah untuk mengklasifikasi dan mendefinisikan tornado. Contohnya, tidak ada perbedaan yang jelas antara mesosiklon ( sirkulasi badai guntur induk ) di permukaan dengan tornado lemah yang besar. Sudah diketahui bahwa funnel pada tornado tidak tampak. Juga, pada kecepatan berapa dari awan ke permukaan tornado berawal.

Tornado

Terbentuknya Tornado

Sebagian besar tornado yang merusak dan mematikan disebabkan oleh supersel, yaitu badai guntur yang berputar dengan sirkulasi yang teratur yang disebut mesosiklon. Supersel juga dapat menimbulkan hujan es yang merusak, angin kencang non-tornado, kilat, dan banjir tiba-tiba. Pembentukan tornado umumnya dapat dilihat pada hal- hal yang terjadi pada skala badai, didalam dan sekitar mesosiklon. Pertumbuhan tornado berhubungan dengan perbedaan temperature pada di tepi massa udara turun ( downdraft ) yang berada di sekitar mesosiklon ( downdraft oklusi). Studi pemodelan secara matematis tentang pertumbuhan tornado juga mengindikasikan tornado dapat terjadi tanpa pola temperature tersebut; bahkan kenyataannya, variasi temperatur yang teramati sangat kecil pada beberapa tornado yang menyebabkan kerusakan hebat dalam sejarah yakni pada 3 Mei 1999.



Asal kedatangan Tornado

Dapat terjad kapan saja tiap tahunnya
  •  Dapat terjadi dimana saja diseluruh tempat di dunia, namun pada daerah-daerah lintang tinggi terjdinya biasanya pada musim semi atau musim panas
  • Di amerika tornado dapat terjadi pada pukul 15 s.d 21 LT
  • Di Indonesia lebih bayank disekitar Sumatera dan Jawa (lihat tabel frekuensi puting beliung)

Apakah hujan es selalu terjadi sebelum tornado? Hujan? Kilat?



Karakteristik hujan, angin, kilat, dan hujan es menurut pengamat bervariasi dari badai yang satu dengan badai yang lain, dari jam ke jam, dan bahkan dari arah gerakan badai. Hujan es berukuran besar dapat mengindikasikan badai guntur yang tidak biasa, dan dapat saja terjadi sebelum tornado. Hujan es, atau bentuk lain apapun dari presipitasi, kilat bukanlah prediksi tepat akan terjadi tornado.

Jenis- Jenis Tornado


Tornado lemah :

Mencakup 88% dari jumlah keseluruhan tornado
Menyebabkan kematian kurang dari 5%
Memiliki tenggang waktu 1s.d > 10 menit
Kecepatan angin kurang dari 110 mph


Tornado kuat:
Mencakup 11% dari jumlah keseluruhan kejadian tornado
Menyebabkan kematian hampir 30%
Memiliki durasi 20 menit atau bahkan lebih
Memiliki kecepatan angin 110 s.d 205 mph

Tornado sangat kuat :
Mencakup 1% dari jumlah keseluruhan kejadian tornado
Menyebabkan kematian hampir 70%
Memiliki durasi melebihi 1 jam
Memiliki kecepatan angin >205 mph

Berapa lama tornado hidup?

ornado dapat berlangsung mulai dari beberapa detik hingga lebih dari satu jam. Sebagian besar tornado berlangsung kurang dari 10 menit.

Manfaat Tornado

Ternyata dibalik dasyatnya tornado tornado menyimpan manfaa. Manfaat tornado adalah menjaga suhu daerah yang dilalui tornado agar daerah tersebut tidak terlalu dingin/panas karena tornado membawa angin dari derah lain . . . yang biasanya dari daerah lebih dingin,lebih panas dari daerah yang diterjang angin



Mungkin kalau gak ada tornado banyak daerah yang menjadi gurun dan padang Es
banyak negara seperti amerika latin yang menjadi gurun akibat tidak ada tornado

Banyak Negara Seperti Amerika serikat menjadi padang Es karena tidak ada tornado

Tornado di Indonesia

  • Di Indonesia istilah Tornado disebut dengan Angin Putting Beliung atau angin Puyuh/rebut atau juga angina Leysus
  • Frekuensi kejadian Putting beliung pada tahu 2006 di Sumatera dan Jawa lebih sering bulan Nopember yaitu pada saat memasuki musim penghujan dan bulan Maret pada saat memasuki musim kemarau.
  • Kejadian angin Putting beliung atau Tornado lebih sering pada siang atau sore hari.









Maha Suci Allah rabulalamin tiada Dia menciptakan sesuatu dengan sia-sia

Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka (Ali-Imran: 191)

Mari bersyukur..

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3517645

Still None Awesome so far » Be the 1st Awesome to Topan, Sekitar info tentangnya

Post a Comment

Feature

Archives

Categories